Prinsip Evaluasi Pembelajaran

Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran yaitu

  • Sahih

Evaluasi  didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.

  • Objektif

Evaluasi  didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas evaluator.

  • Adil

Evaluasi tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik  karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.

  • Terpadu

Evaluasi  merupakan salah satu komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.

  • Terbuka

Prosedur evaluasi, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.

  • Menyeluruh dan Berkesinambungan

Evaluasi  mencakup semua aspek   kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

  • Sistematis

Penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.

  • Beracuan kriteria

Evaluasi didasarkan pada ukuran pencapaian   kompetensi yang ditetapkan., Instrumen penilaian disusun dengan merujuk pada kompetensi (SKL, SK, dan KD).

  • Akuntabel

Evaluasi dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

  • Edukatif

Evaluasi tidak dimaksudkan untuk membuat keputusan akhir tentang nasib
atau hal-hal lain yang dapat menurunkan motivasi dalam belajar.

Leave a comment