Pengertian dan Jenis Jenis Sumber Belajar

    Menurut Sanjaya (2008: 174) Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari bahan dan pengalaman belajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Menurut Triantio (2011: 233)  sumber belajar mencakup semua sumber yang mungkin dapat digunakan oleh siswa agar terjadi perilaku belajar

    Menurut Trianto (2011: 233) Sumber belajar diklasifikasikan menjadi enam jenis yang dapat digunakan dalam proses belajar yaitu pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar.

  • Pesan

Informasi yang akan disampaikan oleh komponen yang lain berupa ide, fakta, konsep, prosedur, dan prinsip. Dalam konteks pembelajaran, pesan-pesan ini terkait dengan isi bidang studi yang ada dalam kurikulum.

  • Orang

Semua orang yang terlibat dalam penyimpanan dan/atau penyampaian pesan.

  • Bahan

Bahan berfungsi menyimpan pesan sebelum disalurkan dengan menggunakan alat yang telah dirancang. Misalnya: transparasi yang digunakan pada OHP, flash disk, CD, dan DVD. Kadang-kadang juga dapat menyajikan pesan tanpa bantun alat, Misalnya buku teks, jurnal, dan sejenisnya.

  • Alat

Alat ini digunakan untuk menyalurkan pesan yang tersimpan dalam bahan. Misalnya OHP, tape recorder, televisi, dan sejenisnya.

  • Teknik

Prosedur buku atau pedoman langkan-langkah dala penyampaian pesan, penggunaan bahan dan alat, pemilihan latar, dan penetapan orang untuk menyampaikan pesan. Misalnya pembelajaran terpogram, ceramah, dan sejenisnya.

  • Latar

Lingkungan di mana pesan ditransmisikan, baik berupa lingkungan fisik, gedung kuliah/ruang belajar, laboratorium, dan lingkungan nonfisik seperti sirkulasi udara, tata suara, tata ruang, dan sejenisnya.

 

Daftar Pustaka

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Leave a comment